Salah satu Mahasiswa Poltek Simas Berau Lolos seleksi Gita Bahana Nusantara 2019

 

Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2019 menghasilkan 4 wakil yang salah satunya adalah Mahasiswa Poltek Simas Berau, Valentino Arif Saputra – TRL ’18 (pertama dari kanan – foto 1). Acara tsb dilangsungkan di aula Taman Budaya, Jalan Kemakmuran, Samarinda yang diikuti perwakilan pemuda pemudi dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

Audisi itu diselenggarakan untuk mencari empat peserta terbaik yang akan dikirim ke Jakarta, bergabung dengan kelompok paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN). Peserta yang terjaring akan bergabung dengan peserta lainnya dari seluruh wilayah Indonesia, di bawah naungan GBN menyanyi pada upacara detik proklamasi 17 Agustus di istana merdeka, dan saat pidato kenegaraan Presiden di gedung DPR-MPR RI.

Untuk audisi ditingkat Kaltim, kriteria yang dapat mengikuti audisi yakni minimal berusia 18 tahun dan maksimal 23 tahun, serta dapat membaca notasi.

Umumnya, peserta yang hadiri merupakan pelajar dan mahasiswa, yang sebelumnya telah mengikuti audisi di tingkat kabupaten dan kota.

Kendati demikian, pada audisi kali ini, hanya diikuti peserta dari tujuh kabupaten dan kota, diantaranya Balikpapan, Berau, Kutai Timur, Paser, Kutai Barat, Kutai Kartangera dan Samarinda.

Empat peserta yang terpilih, terdiri dari dua pria suara bass dan tenor, sedangkan dua wanita suara sofran dan alto.

Terdapat empat dewan juri yang dihadirkan pada audisi itu, diantaranya terdapat dari pusat dan daerah.

Perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Sulistiani menjelaskan, audisi tersebut dilakukan di 34 Provinsi, selain audisi paduan suara, juga dilakukan audisi orkestra yang hanya dilakukan didua Provinsi, yakni Jakarta dan Jogjakarta.

Photo & Additional Caption thanks to @tribunkaltim

By |2019-07-25T07:47:59+00:00July 25th, 2019|all|0 Comments

Leave A Comment