Webinar “BUSINESS PROCESS PALM OIL PLANTATION”

Politeknik Sinar Mas Berau Coal menyelenggarakan Webinar dengan Topik “Business Process Palm Oil Plantation” pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 pukul 08.30-11.00 WITA. Webinar ini diselenggarakan berkolaborasi dengan PT Palma Serasih Group (PSG). Webinar ini dihadiri oleh jajaran Direksi Politeknik Sinar Mas Berau Coal dan jajaran direksi, staf PT Palma Serasih Group yang berasal dari Jakarta, Wahau dan Sanggata.

Peserta pada webinar ini berasal dari internal dan eksternal Politeknik Sinar Mas Berau Coal yaitu berasal dari Civitas Akademik Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Mahasiswa 3 angkatan 2018,2019 dan 2020 dari Program Studi Survei dan Pemetaan (SVM), Perawatan Mesin (PM) dan Teknologi Rekayasa Logistik (TRL), selanjutnya Dosen, instruktur dan staf), sedangkan untuk peserta eksternal berasal dari berbagai macam profesi dan daerah, diantaranya Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat, Mahasiswa/i prodi Agroteknologi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Jawa tengah, Teknik Perminyakan STTMIGAS Balikpapan, Teknik Industri Institut Teknologi Kalimantan, Institut pertanian kelapa sawit STIPER Yogyakarta, Mahasiswa/i Prodi produksi dan manajemen industri perkebunan politeknik negeri Lampung, Mahasiswa S3 Taiwan, Dosen/ Mahasiswa Pasca Sarjana dari berbagai Universitas, Dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Dosen STIPER Berau dan Dosen Politeknik Batulicin Kalimantan Selatan. Webinar ini dipandu oleh Bapak Anthonius Dhinar Hasto Wisnugroho,S.T.,M.Eng yang menjabat sebagai Dosen Prodi Teknologi Rekayasa Logistik dan Kepala UPPM, menghadirkan Pembicara Utama Bapak Subagyo,S.P yang menjabat sebagai Estate Manager PT. Anugerah Energitama, dan dimoderatori oleh Bapak Hamim Rachman, S.T yang menjabat sebagai Instruktur Prodi Teknologi Rekayasa Logistik Politeknik Sinar Mas Berau Coal. Seluruh peserta webinar terlihat sangat antusias dan tertarik mengikuti acara ini dibuktikan dengan jumlah peserta yang mendaftar sejumlah 200 peserta, peserta yang hadir mencapai 190 peserta melalui zoom meeting dan 10 peserta hadir melalui Channel Youtube, serta banyaknya feedback pertanyaan kepada pemateri yang disampaikan secara langsung melalui fitur raise hand, maupun melalui kolom chat saat sesi QnA yang tidak dapat terjawab semuanya karena keterbatasan waktu mendekati jadwal sholat jumat.

Dari pemaparan yang disampaikan, Pemateri mengajak para peserta untuk melihat setiap proses mulai dari pembukaan dan persiapan lahan, penyiapan bibit, penanaman, pemupukan, perawatan sampai pada proses tanaman menghasilkan, dan untuk selanjutnya dilakukan pengolahan TBS.

Dengan tujuan mengajak mahasiswa dan peserta untuk tidak selalu berpikiran bahwa ketika sudah lulus nanti harus bekerja di tambang dan selalu tambang, tetapi dapat melirik pekerjaan baru pada prospek kedepannya yang cerah dari perkebunan kelapa sawit.

Untuk menambah kemeriahan acara, panitia menyiapkan 4 buah hadiah merchandise kepada 4 penanya beruntung dimana pemenangnya ditentukan langsung oleh Pemateri. Terdapat sekitar 15 pertanyaan yang dihimpun oleh Panitia untuk kemudian Pemateri dapat menentukan mana penanya dengan pertanyaan terbaik. Tujuan penyelenggaraan ini adalah semoga menambah pengetahuan teman-teman mahasiswa civitas dan peserta tentang dunia dan proses tanaman kelapa sawit, memberikan gambaran kehidupan pekerja di perkebunan serta memberikan pemahaman dan gambaran prospek bekerja di perkebunan kelapa sawit yang baik dan cerah.

 

By |2020-10-17T07:10:00+00:00October 17th, 2020|all|0 Comments

Leave A Comment