Webinar “Social Media Ethics and Personal Branding”

Tanjung Redeb – Politeknik Sinar Mas Berau Coal mengadakan Webinar bertajuk “Social Media Ethics and Personal Branding”. Webinar yang diselenggarakan pada Sabtu (10/10) ini membahas mengenai apa itu “Social Media Ethics?” dan bagaimana cara membangun Personal Branding yang tepat  dalam memanfaatkan media sosial untuk keperluan personal branding.

Webinar ini menghadirkan narasumber Bpk.Rudini Rahim,  selaku Corporate Communication PT Berau Coal yang berpengalaman dalm bidang Kehumasan (Public Relation). Acara webinar ini dimoderatori oleh Bpk. Hamim Rachman selaku Instruktur Prodi Teknologi Rekayasa Logistik dan dipandu juga oleh pembawa acara Ibu Arjuliska Nazar selaku staf kemahasiswaan. Dalam webinar ini hadir juga Ibu Fanny Rizki, selaku Wakil direktur bidang kemahasiswaan dan kerjasama yang sekaligus memberikan opening dan closing speech.

Dalam webinar ini, ada beberapa subtopik yang dibahas yaitu upaya memanfaatkan media sosial untuk pengembangan karier dan jejaring, serta tips praktis menggunakan media sosial, dampak positif bermedia sosial antara lain networking,  media berbagi informasi, pengembangan diri, promosi bisnis, (donate) inisiatif kegiatan positif dan personal branding.  Rudini sebagai pembicara mengungkapkan bahwa personal branding memiliki makna yaitu apa yang orang lain katakan atau pendapat orang lain terhadap diri seseorang.

Adapun yang dibahas mengenai dampak buruk bermedia sosial antara lain Fomo (Fear of missing out), Hoax, No Productive, No Privacy, Cyber Crime, Cyber Bullying, Pornografi, gangguan psikologis, dan merusak kredibilitas.

ETIKA BERMEDIA SOSIAL

Social Media Ethics adalah salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh generasi muda saat ini agar tidak terhindar dari pengaruh negatif media sosial. Kemampuan ini juga akan membantu personal branding semakin kuat antara lain Etika Berkomunikasi, Hindari Penyebaran Informasi Negatif, Tidak Mengumbar Informasi Rahasia dan Hargai Karya Orang Lain/ Cantumkan Sumber.

PERSONAL BRANDING

Bpk.Rudini menyampaikan Personal branding sendiri merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang sebuah karir. Personal branding adalah tentang bagaimana kita membedakan diri sendiri secara positif dengan orang lain. Personal brand yang kuat akan membuat kita muncul di era digitalisasi saat ini.  Tahapan untuk  mempertahankan personal branding adalah dengan cara aktif di sosial media. Cara lain yang bisa dipakai antara lain:Fokus dan Konsisten;Asli dan Otentik; danKontribusi.

Webinar ini dibuka untuk umum. Klasifikasi peserta antara lain Pelajar, Mahasiswa, Staff Kehumasan beberapa Perguruan Tinggi, Pebisnis, dll.

“Sangat bermanfaat karena banyak ilmu yang didapat yang berguna untuk personal branding dijaman milenial ini. Harapannya semoga dengan acara webinar ini memberikan manfaat kepada para peserta antara lain membantu membangun visi, baik di bidang pekerjaan, tujuan pribadi, nilai-nilai, dan juga target dalam berkarir sehingga dapat bekerja ke arah yang lebih baik untuk pemenuhan karir, meningkatkan kepercayaan diri dan kredibilitas meningkat
serta menghindari aksi negatif di media sosial.”

Seminar dihadiri oleh kurang lebih 197 orang peserta. Pada akhir sesi dibuka sesi tanya jawab yang dibuka di kolom chat zoom dan juga ice breaking dengan games.

By |2020-10-10T09:38:08+00:00October 10th, 2020|all|0 Comments

Leave A Comment