Webinar#3 Prodi Teknologi Rekayasa Logistik “Dwelling Time Pelabuhan di Indonesia” dengan Pemateri seorang Praktisi Marine Departement PT Berau Coal

Webinar#3 Prodi Teknologi Rekayasa Logistik “Dwelling Time Pelabuhan di Indonesia” dengan Pemateri seorang Praktisi Marine Departement PT Berau Coal yaitu Capt. Hasanul Haq Batubara M.Mar selaku Ketua Forum Komunitas Maritim Berau, Dewan Pengurus Indonesia National Shipowners Association (INSA), Ketua DPC INSA Berau, Owner PT.Pelayaran Berau Maritim Jaya , Owner Rep PT.Trielang Indo Maritim, Owner PT.Dua Dara Travel, Founder / Penasehat Koperasi Jasa Koperasi Berau Marine Jaya dan Owner/Founder Berau Marine FC (Devisi 3).

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WITA dan berakhir pukul 13.00 WITA. Dihadiri oleh 65 peserta yang terdiri dari Manajemen Politeknik Sinar Mas Berau Coal Bapak Dr. Agustinus Setyawan, Kris Adi Nugraha, S.M,, M.M , dosen dan tenaga pendidik Prodi TRL, SVM dan PMP, Mahasiswa/I Prodi TRL, SVM dan PMP, dosen dan tenaga pendidik dari banyak Universitas di Indonesia dll.
Terdapat 6 orang penanya yang berasal dari umum sebanyak 2 orang, mahasiswa TRL angkatan 2018 sebanyak 2 orang , mahasiswa PMP angkatan 2019 sebanyak 1 orang, dan mahasiswa TRL angkatan 2019 sebanyak 1.

Materi inti dalam kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat umum tentang kegiatan Dwelling time yaitu waktu berapa lama Petikemas (Barang Impor) di timbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di Pelabuhan Sejak barang tsb di bongkar dari Kapal sampai barang impor tersebut keluar dari TPS. Dwelling Time Pelabuhan Adalah Kinerja layanan proses bongkar muat barang di pelabuhan / lamanya waktu seluruh proses, Mulai dari bongkar muatan dari kapal (Container) hingga barang (Container) tsb keluar dari Pelabuhan. Dan kesimpulan dari materi ini adalah :

1. Pre Customs Clearance : Ship to PIB (pemberitahuan Impor Barang )
2. Custom Clearance : PIB – SPPB (Surat Persetujuan Pengeluaran Barang)
3. Post – Customs Clearance : SPPB – TPS (Gudang)
4. Dwelling Time = Time Standard in any Port

By |2020-06-26T08:20:26+00:00June 26th, 2020|all|0 Comments

Leave A Comment