Pada tahun 2019-2020, Dosen Prodi Teknologi Rekayasa Logistik dan Perawatan Mesin Politeknik Sinar Mas Berau Coal mendapatkan hibah untuk melakukan Penelitian Dosen Pemula (PDP). Adapun judul yang diangkat adalah Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja rantai pasok di industri pertambangan dengan anggota yaitu Dewi Safitriani, S.T., M.Si, CSCA (Prodi TRL), dan Ilmawan Suryapradana, S.T., M.T (Prodi PMP).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada kinerja rantai pasok industri pertambangan khususnya di PT. Berau Coal.

Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (independen) dengan variabet terikat (dependen) yaitu koefisien determinan (ūĚĎÖ2) sebesar 0,555 menunjukan adanya pengaruh besar variabel bebas terhadap kinerja rantai pasok. Variable bebas dapat menjelaskan variable terikat sebesar 56% sedangkan 44% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Untuk meningkatkan kinerja rantai pasok perlu adanya stategi Supply Chain Management yang diterapkan oleh industri pertambangan. Selanjutnya perlu dilakukan penelitian terkait yang mempengaruhi kinerja rantai pasok diluar varibel bebas (independen) yaitu pengembangan produk, pengadaan, pengendalian mutu, pengiriman/distribusi.

Luaran pada penelitian PDP 2020 ini adalah telah terbit pada Jurnal Sebatik Desember 2020 di STIMIK Widya Cipta Dharma dengan link https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik.