Pada tanggal 28 Juli 2020, tim Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang beranggotakan dosen, instruktur, dan mahasiswa berkesempatan untuk menjalankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Wilayah Kecamatan Pulau Derawan. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain adalah pelatihan penggunaan Global Positioning System (GPS) untuk pengukuran bidang tanah atau area kepemilikan tanah. Hal ini dilatarbelakangi oleh pengukuran yang selama ini dilakukan masih menggunakan alat ukur sederhana. Pada kegiatan ini, Bpk Muhammad Tasrif sebagai Camat Pulau Derawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi aparat yang ada seluruh kampung di Kecamatan Pulau Derawan, meningat dengan berkembangnya teknologi, sistem pendataan yang ada harus juga berkembang dan harus berbasiskan kepada pengukuran yang tepat.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dengan hari pertama diisi dengan pelatihan penggunaan GPS untuk keperluan marking, tracking, dan pengukuran luas area.

Kemudian dilanjutkan dengan praktik penggunaan alat-alat pengukuran lainnya seperti Total Station dan Drone yang dilakukan di luar ruangan dengan mengambil objek yang ada di sekitar Kantor Kecamatan. Kegiatan praktik yang dilakukan bersama-sama antara tim Politeknik Sinar Mas Berau Coal dengan peserta pelatihan difokuskan untuk pembuatan kontur tanah, pengambilan data elevasi, penentuan patok BM, hingga pengukuran bidang tanah dan luasannya. Pada akhir kegiatan ini, tim Politeknik Sinar Mas Berau Coal berkesempatan untuk menyajikan hasil pengukuran yang telah dilakukan bersama-sama antara tim Politeknik Sinar Mas Berau Coal dengan peserta dari aparat kecamatan dan kampung selama kegiatan tersebut.

Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk pelatihan survei dan pemetaan ini, harapan kedepannya seluruh aparat baik yang ada di kecamatan maupun di masing-masing desa di Kecamatan Pulau Derawan khususnya dan di Kabupaten Berau pada umumnya dapat menghasilkan data yang tepat ketika melakukan pengukuran lapangan.