PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BIMBINGAN TEKNIS PEMETAAN KELURAHAN LABANAN JAYA

Pada hari Rabu – Kamis, 26 – 27 Mei 2021 pukul 09.00-16.00 WITA telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Bimtek Pemetaan Kelurahan Labanan Jaya oleh team Dosen  dan instruktur Prodi Survei dan pemetaan dengan anggota LORYENA AYU KARONDIA, ERISA AYU WASPADI, M. FADLY DANI, Dan ILHAM WAHYUDI.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman bahwa pemetaan sangat penting dalam berbagai kepentingan di kelurahan seperti untuk pemetaan batas wilayah, pemetaan jalan, pemetaan rumah, pemetaan fasilitas umum dan lain sebagainya. Tujuan kedua dari kegiatan PKM ini adalah memberikan pemahaman materi terkait pengenalan fitur-fitur yang ada di GPS Handheld dan materi terkait tutorial instalasi software ArcGIS di laptop peserta masing-masing. Untuk mendalami isi dari materi, maka team SVM  memberikan bimbingan teknis langsung terkait tutorial pemetaan dan layouting sebuah peta menggunakan software ArcGIS.

Prodi Survei dan Pemetaan Poltek Sinarmas Berau Coal berkomitmen untuk mengedukasi tentang pentingnya Geospasial dalam pengembangan wilayah dan bersiap untuk terus melanjutkan estafet pergerakan ini agar turut serta membangun negeri dengan edukasi geospasial bagi seluruh lini masyarakat khususnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Gambar 1. Foto bersama perangkat Kelurahan Labanan Jaya

 

 

Gambar 2. Proses pengajaran Bimbingan teknis pemetaan dengan software ArcGIS

 

Gambar 4. Praktik penggunaan GPS Handheld

 

By |2021-06-03T00:14:30+00:00June 3rd, 2021|PKM|0 Comments

Leave A Comment