Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Bimbingan Teknis Penggunaan Handheld Kelurahan Labanan Jaya Kabupaten Berau

        Pada hari Senin, tanggal 7 bulan November tahun 2022 Pukul 08.00-15.00 WITA telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Prodi Survei dan Pemetaan di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. PkM ini diusulkan oleh Ihsan Naufal Muafiry, Muhammad Fadly Dani, dan Loryena Ayu Karondia. Kegiatan ini dilakukan merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang bertujuan untuk melakukan penentuan posisi titik patok Benchmark yang telah dipasang pada tanggal 5 November 2022 dengan metode survei GNSS statik Tujuan akhir dari kegiatan PkM ini adalah Pembuatan Patok Benchmark (Kayu) di Kampung Gurimbang dengan Survei GNSS Statik sebagai Titik Referensi Geodetik dengan sistem koordinat global sehingga nantinya dapat digunakan oleh Kampung Gurimbang untuk titik referensi pemetaan berbasis kebijakan satu peta. Penentuan posisi dikerjakan dengan metode GNSS statik jaring dan radial yang terikat langsung dengan stasiun referensi kontinyu milik Badan Informasi Geospasial (BIG) terdekat.

       Dalam kegiatan penentuan posisi 4 patok Benchmark baru pada tanggal 7 November 2022 dihadiri oleh mahasiswa atas nama Gilang Restu Prakoso, Fathi Fadlullah Sam, Irwansyah, Fransisco, Augustino Alfaris Janing, Hana Maria Sapulete, Windi Puspita Sari, Yeti, Enjelina dan pendamping PkM (Ihsan Naufal Muafiry, Muhammad Fadly Dani, dan Loryena Ayu Karondia). Kegiatan ini juga didampingi langsung oleh pihak Kampung Gurimbang yang diwakili oleh Kepala Kampung Gurimbang (Bapak Edi Gunawan).

Hasil dalam kegiatan PkM tanggal 7 November 2022 tersebut antara lain :

  1. Pengukuran statik jaring dan radial pada 4 patok benchmark yang telah dipasang pada hari Sabtu 5 November 2022
  2. Telah terdefini posisi 4 patok benchmark (kayu) baru di lingkungan SD, kantor Kampung Gurimbang, lingkungan perumahan, dan lingkungan perbatasan Tanjung Prangat dengan sistem koordinat global yang terikat langsung dengan stasiun referensi kontinyu milik Badan Informasi Geospasial (BIG) terdekat (terletak di Jalan Durian 3, Tanjung Redeb, Berau). Pendefinisian posisi 4 patok benchmark didapatkan setelah melalui proses pengolahan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *