Perencanaan Re-Layout Penempatan Barang Ownstok Dengan Menggunakan Metode Class Based Storage (CBS) Di Warehouse PT. Pamapersada Nusantara Site BRCB (Binungan Blok 8)

PT Pamapersada Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dan menjadi salah satu kontraktor PT Berau Coal. Permasalahan yang terjadi di Department Supply Management divisi Warehouse yaitu penempatan barang yang masih belum maksimal sesuai dengan frekuensi pergerakan barang Ownstock pada 5 rak dengan persentase sebesar 65,8%. Penelitian ini bertujuan melakukan penataan ulang (re-layout) penempatan barang ownstock dan menganalisis perbandingan jarak perpindahan material handling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class-Based Storage (CBS) yaitu metode yang tepat dalam mengklasifikasikan barang berdasarkan kelasnya yaitu Fast Moving, Mid Moving, dan Slow Moving. Hasil dari penelitian yaitu dengan adanya perencanaan re-layout membuat barang ownstock di 5 rak fast moving menjadi lebih tertata dan sesuai dengan frekuensi pergerakan barang ataupun kelasnya, serta didapat penurunan jarak perpindahan sebesar 5.838,37 m yang diharapkan dapat mempercepat waktu proses pengeluaran barang (issuing).

Penelitian ini dipelopori oleh Dosen dan instruktur Program Studi Teknologi Rekayasa Logistik yaitu Ramy Yahya, Anthonius Dhinar Hasto Wisnugroho, Fahriza Fawwas Asrory, dan melibatkan mahasiswa TRL Angkatan 2018 Nur Linda Andriani yang telah publish di Jurnal G-Tech Sinta 4 dengan link publish https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech/article/view/2477 pada tanggal 24 bulan Juni 2023.

Gambar 1. Layout Usulan    

Gambar 2. Diagram Fishbone