Poltek Simas Berau Gelar Studium Generale “Business Process” untuk seluruh Mahasiswa pada 20 Februari 2020 lalu. Pembicara dalam kegiatan studium generale ini melibatkan langsung praktisi dari PT Berau Coal yang memiliki pengetahuan sesuai bidangnya masing-masing. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh sivitas akademik.

 

Studium Generale  “Business Process” terbagi menjadi 3 sesi dengan sesi pertama diisi oleh Bapak Dudu Anwar Sanusi dan dipandu oleh Dr. Yan Adriansyah ST MT IPM dengan tema Mine Operation and Support Development. Pak Dudu menjelaskan mengenai mining process yang ada di PT Berau Coal untuk setiap site yang terdiri dari Lati Mine Operation (LMO), Binungan Mine Operation (BMO), dan Sambarata Mine Operation (SMO). Ketiganya memiliki karakteristik proses yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik keruangan atau lokasi masing-masing. Pada sesi ini juga dijelaskan fase-fase pertambangan mulai dari Land Clearing, Soil Removal, Drilling & Blasting, OB Removal, Coal Getting, hingga proses Reklamasi dan Revegetasi. Selain itu untu mendukung operasional pertambangan juga dilakukan beberapa pengembangan seperti pembuatan jalan hauling maupun dewatering.

Sesi kedua masih dipandu oleh Dr. Yan dengan pemateri adalah Bapak Setiady Maruli yang bertemakan Open Pit Coal Mining. Pak Setiady pada sesi ini menekankan kepada peserta Studium Generale mengenai mine planning process mulai dari eksplorasi dan evaluasi sumberdaya, mine planning and development, optimisasi dan penjadwalan, mine operation, hingga mine closure.

 

Pada beberapa tahap ini, mine planning merupakan pondasi dari semua aktivitas tambang. Pak Setiady juga menyampaikan terkait faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam kegiatan mine planning yaitu: ekonomi, teknik, legal, lingkungan, dan sosial. Keseluruhan faktor tersebut harus seimbang dan berjalan beriringan dalam pelaksanaannya.

Sesi ketiga Studium Generale dipandu oleh Guruh Krisnantara dengan pemateri adalah Bapak Andi Zulkarnain. Bapak Andi Zulkarnain menyampaikan kepada peserta Studium Generale untuk memahami bisnis proses dalam ekspolrasi batubara baik seara teknis maupun perangkat pendukung lainnya, para peserta khususnya mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menemukan gap yang belum terpenuhi untuk meningkatkan kesiapan dunia pendidikan dalam menyesuaikan kondisi duni industri. Bapak Andi Zulkarnain secara jelas menyampaikan beberapa tahapan eksplorasi seperti adanya survei tinjau, prospeksi, eksplorasi pendahuluan, dan eksplorasi rinci. Juga mengenai metode eksplorasi yang meliputi pemetaan geologi, pemboran, pembuatan model geofisika, hingga pengambilan sampel.