Diploma Tiga

Perawatan Mesin

Gambaran Umum

Secara umum Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dari Sabang sampai Merauke. Mesin mesin yang mendukung operasi pengolahannya tersebut haruslah terawat dengan baik, Kampus Politeknik Sinarmas Berau Coal hadir menjawab tantangan tersebut bersama Program Studi Perawatan Mesin. Dalam melakukan perawatan perbaikan maupun modifikasi dibutuhkan skill perancangan, pengembangan, dan  pengelolaan mesin.

Jurusan ini juga mengajarkan mengenai energi dan sumbernya untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan suatu sistem mekanik. Melihat banyak nya industri di Indonesia dan juga memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah mulai dari hasil hutan, minyak, gas, mineral dan batubara sebanding dengan kebutuhan akan tenaga Ahli Madya (A,Md) dalam kebutuhan bidang ahli mekanik mesin sangat banyak. Secara khusus Program Studi Perawatan Mesin pertama kali dibuka pada tahun 2017, Politeknik Sinarmas Berau Coal, Program Studi D-III Perawatan Mesin, Kota Berau, Kalimantan Timur. Program Studi D-III Perawatan Mesin telah mendapatkan Ijin penyelenggaraan pendidikan pada 3 Januari 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI). Dan pada tanggal 21 Juli 2021 Program Studi D-III Perawatan Mesin telah memenuhi syarat dan telah menyandang Predikat Baik dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi.

Spesialisasi

Secara garis besar, ada empat bidang keahlian yang bakal jadi profil lulusan setelah menuntaskan studi nantinya, selama 3 tahun atau 6 semester di kampus.

  1. Mekanik/Teknisi : Ahli Madya yang mampu melakukan perawatan, perbaikan/maintenance, dan
    troubleshooting mesin pada suatu unit. Proses mesin yang dapat mengubah suatu energi menjadi energi lainnya.
  2. Operator Workshop : Ahli Madya yang mampu mengoperasikan mesin mesin workshop yang ada pada industry dan pengembangan mesin-mesin manufaktur
  3. Engineering Instrumen : Ahli Madya yang mampu mengoperasikan, melakukan perawatan, serta melakukan
    kalibrasi alat-alat instrumen pada suatu industry fokus pada proses mendesain mesin dan simulasinya serta kegiatan penelitian.
  4. Engineering Planner : Ahli Madya yang mampu merencanakan perbaikan/maintenance, merancang
    part/komponen pada pengembangan dan pembuatan material baru dengan mempertimbangkan struktur atom dari penyusun material itu sendiri.

Karir

Peluang karir atau jenis pekerjaan yang dapat diraih oleh mahasiswa setelah lulus dan terjun ke dunia kerja seperti :

  • Industri Pertambangan
  • Industri Bioteknologi
  • Mekanik Pesawat
  • Industri Otomotif
  • Teknisi Dan Operator Mesin
  • Sytem Analisis

 

Profile

“Dunia Kerja berskala Internasional mempergunakan mesin untuk operasi kegiatan. Perawatan Mesin (Akreditasi Baik Nasional). Fokus pada ilmu teknik tentang desain, analisa, perencanaan sampai dengan implementasinya. Dengan menggunakan teknologi canggih dapat menganalisis kebutuhan mesin untuk industri dan operator. Mari bersama menjadi agen penerus yang mendunia..”

Ilmawan Suryapradana, ST., MT
Ka Prodi Perawatan Mesin

Dosen

Arfan Halim, S.T.,M.T
Dosen
Feri Putra, S.T., M.T
Dosen
Muhammad Sholikhin, S.T., M. T
Dosen
Fajariyah Mulyani, S.T., M.T
Dosen
Dedy Sufriansyah, S.Pd.
Instruktur
Masnur, A.Md
Instruktur
Munawar Yulianto, A.md.
Instruktur
Open chat
Halo Sobat Poltek.
Terima kasih telah menghubungi kami.
Ada yang bisa kami bantu?