Diploma Tiga

Program Studi Survey dan Pemetaan

Gambaran Umum

Program Studi Survey dan Pemetaan merupakan program studi yang dikembangkan untuk mencetak tenaga yang terampil dalam pengukuran permukaan bumi melalui teknologi satelit, pesawat tanpa awak, GPS, dan juga teknologi alat terestris. Lulusan prodi survey dan pemetaan dibutuhkan dalam :

      1.    Penyediaan data volume stock and pile di dunia pertambangan,

      2.    Pengukuran posisi yang akurat sebagai acuan dalam pembangunan

      3.    Pemetaan tutupan lahan mikro ataupun makro yang bermanfaat dalam pengembangan wilayah

      4.    Pengukuran persil tanah sebagai acuan dalam pembuatan sertifikat kepemilikan tanah

      5.    Penyedia peta dalam segala bidang yang dibutuhkan oleh segala lini,

Dengan ketersediaan alat penunjang praktikum yang lengkap dan juga lokasi industri yang sangat dekat, Program Studi Survey dan Pemetaan Poltek Simas Berau sangat tepat menjadi wadah pengembangan kemampuan praktikal para lulusannya.

Spesialisasi

Dalam SKKNI IG ini terdapat 6 sub Bidang yang digunakan di D-III Survei dan Pemetaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal yaitu :

  1. Survei Terestris : Pemetaan dimana surveyor melakukan pemetaan secara langsung ke lapangan dengan menggunakan alat-alat tersetris.
  2. Fotogrametri : Pemetaan dimana surveyor bertindak sebagai operator dalam penerbangan drone ataupun pesawat tanpa awak lainnya. Drone akan melakukan perekaman pada area yang direkam yang kemudian data perekaman tersebut akan diolah menjadi peta.
  3. Penginderaan Jauh : Pemetaan dengan memanfaatkan teknologi satelit. Mahasiswa akan dibekali kemampuan dalam pengolahan citra satelit menjadi berbagai macam peta yang dibutuhkan
  4. Sistem Informasi Geografis : Mahasiswa akan dibekali kemampuan dalam pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan penyajian data geospasial
  5. Kartografi : Mahasiswa akan dibekali kemampuan dalam menyajikan peta sesuai kaidah kartografi
  6. Survey kewilayahan : Mahasiswa akan dibekali kemampuan survey ke lapangan dalam penyediaan data primer ataupun sekunder yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan

 

“Your major is the specialisation that you’ll focus on in your degree. The Bachelor of Science (Extended) offers more than 40 majors across all areas of science, so you can tailor your degree.In most cases you’ll be able to try a few different study areas before deciding on your major in third year.”

Loryena Ayu
Ka Prodi Survey dan Pemetaan

Dosen

Fahriza Fawwas Asrory, S.T., M.Eng
Anthonius Dhinar, S.T., M.Eng
Renal Fajri, S.ST
Hamin Rachman, S.T

Address
304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Work Hours
Monday to Friday: 7AM - 7PM
Weekend: 10AM - 5PM

Open chat
Halo Sobat Poltek.
Terima kasih telah menghubungi kami.
Ada yang bisa kami bantu?