Dalam rentang waktu 2007-2015, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan industri cukup berkembang cepat dan pada akhirnya akan membutuhkan tenaga-tenaga terampil untuk menopang aktivitasnya. Pemenuhan kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil merupakan tantangan bersama baik pemerintah, industri, dan masyarakat secara umum akan mendapatkan manfaat secara bersama-sama jika kebutuhan industri bisa selaras dengan kualitas dan kuantitas SDM yang tersedia di masyarakat.

Pada sektor industri pertambangan sendiri, menurut Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bahwa produksi batubara Indonesia telah meningkat tajam dari 217 juta ton di tahun 2007 menjadi 461 juta ton di tahun 2015, atau kenaikan sebesar lebih dari 100% dalam jangka waktu 8 tahun. Kondisi di lapangan tersebut tentunya masih mengindikasikan adanya kebutuhan yang tinggi dalam pengembangan SDM untuk pemenuhan kebutuhan industri ini.

Politeknik Sinar Mas Berau Coal dalam hal ini sebagai perguruan tinggi vokasi diharapkan dapat menjawab tantangan masa depan dimana industri pertambangan di Indonesia semakin bertumbuh dan tentunya membutuhkan tenaga kerja dengan kualitas dan kuantitas yang meningkat pula. Politeknik Sinar Mas Berau Coal yang juga menggunakan nama singkat Poltek Simas Berau merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal dan beralamat di Jl. Raja Alam 2, Kel-Sei Bedungun, Kec. Tanjung Redeb, Kab. Berau, Kalimantan Timur – Indonesia telah mendapatkan ijin operasional yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti melalui Surat Keputusan Menristek Dikti Nomor 9/KPT/I/2018 tentang Izin Pendirian Politeknik Sinar Mas Berau Coal di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal pada tanggal 3 Januari 2018.

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 9/KPT/I/2018 tentang Izin Pendirian Politeknik Sinar Mas Berau Coal di Kabupaten Berau yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, maka dalam keputusannya di butir kedua disebutkan bahwa Politeknik Sinar Mas Berau Coal akan menyelenggarakan beberapa program studi antara lain adalah:

  1. Prodi D-III Survei dan Pemetaan (Survey and Mapping)
  2. Prodi D-III Perawatan Mesin (Machinary Maintenance), dan
  3. Prodi D-IV Teknologi Rekayasa Logistik (Logistic Engineering)