Analisis Pemilihan Supplier Pengadaan Susu UHT Diamon dengan metode Analytical Hierarchy (AHP) Studi Kasus di Cafe MilkyWay Berau

        Penelitian ini dipelopori oleh Dosen dan Instruktur Program Studi Teknologi Rekayasa Logistik yaitu Anthonius Dhinar Hasto Wisnugroho, S.T., M.Eng , Fahriza Fawwas Asrory, S.T., M.Eng dan Hamim Rachman, S.T.   

         Setiap bidang usaha tentu menginginkan adanya konsistensi hasil produksi, dapat terwujud melalui kerjasama dengan penyedia bahan baku atau supplier yang mampu menjamin ketersediaan bahan baku secara konsisten karena bahan baku produksi merupakan hal yang sangat vital. Oleh sebab itu, diperlukan adanya sistem pengadaan bahan baku dan pemilihan supplier yang baik sehingga proses produksi dapat berjalan dengan lancar. Cafe “Milkyway Coffe and Milk” merupakan UKM pelopor pertama usaha minuman dan makanan yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang memiliki ciri khusus produk minuman dengan bahan baku susu yang disenangi oleh banyak pelanggan terutama kaum remaja, anak-anak dan keluarga.

            Terdapat permasalahan yang dialami oleh UKM Milkyway saat pemilihan supplier yang menyediakan bahan baku susu UHT karena ada beberapa faktor pertimbangan yaitu harga, pengiriman, pelayanan dan ketepatan jumlah. Sampel dari penelitian adalah pemilik usaha yang mengatur pengadaan susu UHT. Hasil dari analisis dan perhitungan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan Microsoft Excel menyatakan bahwa alternatif yang terpilih yaitu Supplier Kompas dengan nilai bobot sebesar 0,46, lebih unggul dibandingkan Supplier Simpang Utama dengan nilai bobot sebesar 0,34 dan Supplier Tops Jaya dengan nilai bobot sebesar 0,20. Faktor utama yang diprioritaskan dalam pemilihan supplier pada Milkyway adalah kriteria pelayanan dengan nilai bobot sebesar 0,18, ketepatan jumlah barang dengan nilai bobot sebesar 0,15, harga dengan nilai bobot sebesar 0,08 , dan pengiriman dengan nilai bobot sebesar 0,06.

Penelitian ini telah publish di https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/2741


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *